​Kehamilan adalah anugerah dan kejaiban yang luar biasa yang Tuhan berikan. Sudah selayakanya setiap perempuan bersyukur atas kehamilannya, karane Tuhan memberikan mereka kepercayaan untuk menjadi malaikat bagi manusia kecil yang bertumbuh di rahim mereka. Mempersipakan kehamilan secara utuh (body, mind, spirit) sangatlah penting. Mempersiapkan kehamilan dan persalinan tidak hanya secara fisik (body) dengan memerikasakan kondisi kesehatan ibu dan janin makan makan bergizi, namun kita juga belajar cara berkomunikasi dengan janin serta belajar menyadari pribadi kita sebagaimind dan spirit.

Seringkali banyak orang lupa dirinya sebagai mind dan spirit sehingga ketika hamil atau menghadapi persilanan mereka hanya sibuk mempersiapkan semua hal yangbersifatfisik dan materi seperti pemeriksaan rutin, asupan makanan, persiapan biaya dan pilihan tempat persalinan tanpa mempersiapkan mind dan spiritnya dengan baik. Hal tersebut mengkibatkan banyak ibu hamil dalam kondisi stress menjelang persalinan atau dalam menghadapi masa kehamilannya karena rasa cemas dan takut yang berlebihanyang mengakibatkan berbagai komplikasi baik dalam kehamilan maupun persalinan.

Bagi perempuan yang baru pertama kali menjalani kehamilan, kekhawatiran , kecemasan, dan ketakutan selama hamil dan saat menghadapi persalinan sering menginggapi pikiran dan persaan mereka.

Hal tersebut tentu saja tidaklah mengherankan, karena sejak kecil, ketkutan pada proses persalinan, tanpa disadari telah tertanam di pikiran bawah sadar para perempuan khususnya dan semua orang pada umunnya. Televisi dan film, sering menampilakan adegan melahirkan yang begitu menengangkan dan menkutkan, penih jeritan dan histeris. Setiap kali bertanya pada kerabat atau orang tua tentang proses persalinan, sebagian sebagian besar atau bisa dipastikan jawaban mereka bahwa melahirkan itu sakit, nyeri,melahirkan itu antara hidup dan mati, dan bila tidak sakit bukan melahirkan namanya.

Cerita - cerita semacam itulah yang terus terbawa dari kecil dalam masa pertumbuhan hingga saat ini. Cerita yan sedikit demi sedikit tersebut memasuki pikran bawah sadar dan akhirnya tertanam menjadi suatu program negatifdalam pikiran bawah sadar mereka.

Salah satuupaya untuk mereprogramingrekaman-rekaman negatiftesebut adalah menggunakan teknik HYPNOBIRTHING.

Hypnobirthing berasal dari kata Yunani,

Hypnos ( tidur/pikiran tenang)

Birthing adalah proses kehamilan sampai melahirkan.

Dr.Grantey Dick Read sejak tahun 1980 teah mengembangkan Hipnosis Kebidanan dengan program uang disebut Childbirth Without Fear

Hypnobirthing® dikembangkan oleh Marie F.Mongan sejak tahun 1959.

Di Indonesia Hypnobirthing dikembagkan oleh Lanny Kuswandi Perawat Bidan, Clinical Hypnoterapist sejak tahun 2002.

Hypnobirthing adalah upaya untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian selama hamil, proses melahirkan, masa nifas, masa menyusui dan pada saat membina anak dan balita.
Hypno-birthing merupakan sebuah paradigma baru dalam metode persalinan secara alami. Merupakan salah satu teknik otohipnosis (swasugesti) dalam menghadapi persiapan melahirkan yang berfungsi membantu calon ibu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara alami, aman dan nyaman, tanpa rasa sakit.

Relaksasi dan hypnobirthing mengajarkan kita untuk menjalankan teknik relaksasi yang alami, sehingga tubuh dapat bekerja dengan seluruh syaraf secara harmonis, dan dengan kerja sama penuh bukannya melawan. Wanita hamil yang terlatih relaksasi akan mampu merasakan dan berkomunikasi dengan seluruh organ perangkat proses persalinannya, seperti otot-otot rahim dengan kontraksinya, mulut rahim dengan proses pembukaannya, sehingga terbentuk kerjasama yang manis, yang bisa membuat proses keluarnya bayi berjalan lancar tanpa rasa sakit.

Latihan Relaksasi dan hypnobirthing juga membuat wanita terbiasa peka terhadap janinnya, dan mampu memahami pesan yang disampaikan sang janin pada bundanya. Latihan-latihan hypnobirthing yang dilakukan sambil mengelus lembut permukaan perut serta afirmasi yang terus diucapkan, membuat hubungan batin antara bunda dan janin terjalin erat. Menjelang waktunya bersalin, bunda dan janin bisa mengikatjanji, berkompromi, sepakat untuk bekerjasama melewati saat-saat bersejarah bersama. Sebuah penguat yang tidak ada tandingannya, yang membuat wanita hamil akan dengan percaya diri menjalani proses persalinannya.

sumber :

- ProV-Clinic, Workbook Pelatihan Basic Hypnosis & Hypnobirthing

- Aprilia Yesie,S,Si,T;M.Kes 2010. Hypnostetri:Rileks,Nyaman, dan Aman Saat Hamil & Melahirkan. Jakarta :Gagas Media

Kematangan serta kesiapan mental dan fisik sangat diperlukan dalam proses
persalinan, dengan mengikuti Kelas Hypnobirthing diharapkan Anda dapat melewati proses Kehamilan dan Persalinan Anda dengan NYAMAN, LANCAR, AMAN dan MENYENANGKAN.

Kelas Hypnobrirthing dibagi 3 sesi pertemuan :
Pertemuan Pertama
Perkenalan, pengisian data diri, penghitungan skala stress, sekilas ttg kehamilan dan persalinan dan penjelasan tentang hypnobirthing dan konsep rasa nyeri, latihan pernafasan, tanya jawab, dan relaksasi.
Pertemuan ke- Dua
Evaluasi hasil pertemuan pertama, penjelasan ttg posisi persalinan, pencegahan robekan perineum,panduan afirmasi kehamilan dan persalinan, kemudian relakasasi, PR membuat birth plan.
Pertemuan ke- Tiga
Evaluasi hasil pertemuan ke 2, membahas birthplan yang dibuat, teori dan praktek ttg endhorpin massage (pijat endhorpin u/ mengurangi nyeri persalinan),dan relaksasi.

Jika seorang ibu sudah mempersiapkan diri secara baik semasa menjalani kehamilannya dan menyambut kelahiran dengan tenang dan bahagia, maka proses persalinannya pun akan berjalan damai. Tenang, minim trauma dan penuh cinta.

Mari persiapkan persalinan Anda sebaik2nya BODY,MIND SPIRIT