Kira-kira kalau kita mendengar kata melahirkan apa sich yang ada di benak kita? pasti "sakit" bukan? Lalu apa benar bisa melahirkan tanpa rasa sakit?

Tentu saja benar.. saya menyaksikan sendiri bagaimana orang bisa melahirkan dengan nyaman melalui teknik relaksasi hynobirhting. Yang paling berkesan adalah ketika saya pertama kali mempraktektan metode ini di tempat dinas saya Luar Biasa setelah saya relaksasi ibu yang tadinya meraung kesakitan menjadi tertidur dengan nyaman dan Luar Biasanya lagi ibu pembukaanya menjadi lebih cepat sampai2 saya belum memakai sarung tangan kepala bayi dah main nongol aja kemudian saya cepat2 memakai sarung tangan dan menolong proses persalinan tersebut. Masih ada yang Luar Biasa lagi selama itu jika anak pertama ibu kan mengalami robekan yang banyak sehingga saya harus menjahit robekan perineumnya hingga sakit pinggang..tapi luar bisanya ibu yang saya hypnobirthing tadi melahirkan anak pertama tapi intack (tidak ada robekan perineum sama sekali) walhasil tentu saja itu membuat saya senang karena tidak perlu repot2 menjahit robekan sampai sakit pinggang..he..he..

Sudah taukah Anda apa itu Hypnobirthing? Sebelum saya mengikuti pelatihan tentang hypnobirthing saya mengira Hypnobirthing adalah metode yang sesat karena saya pikir adalah magic.

Namun setelah mengikuti pelatihan yang diberikan oleh Ibu Lanny Kuswandi, Ibu Yessy Aprilia, dan Ibu Rini, saya baru tahu ternyata Hypnobirthing adalah sebuah ilmu yang masuk akal dan bisa dipelajari secara ilmu pengetahuan…

Apa itu Hypnobirthing?

Hypnostetri merupakan suatu pengembangan dari ilmu hypnosis yang merupakan penggunaan hypnosis kebidanan secara berkesinambungan, yaitu dimulai sejak direncanakan kehamilan, melahirkan, masa menyusui, sampai si anak mencapai umur balita (Kroger, 2008). Dan salah satu bentuk dari hypnosis dala ilmu kebidanan adalah hypnobirthing

* Tinjauan umum Hypnobirthing

Hypnobirthing adalah suatu istilah yang dipatenkan oleh Marie F Mongan sejak tahun 1989. Hypnobirthing adalah metode terapi dalam rangka persiapan menuju persalinan dan sesudahnya. Cara persalinannya sendiri, diharapkan tetap normal dan natural. Hypnobirthing berasal dari kata Yunani, hypnos (tidur/ pikiran tenang) dan birthing (proses kehamilan sampai melahirkan), diartikan sebagai upaya alami menanamkan niat ke pikiran bawah sadar untuk menikmati proses persalinan (Lanny, 2008).

Hypnobirthing tidak terlepas dari latihan rileksasi yang perlu dilakukan untuk mencapai kondisi alpha atau otak yang rileks. Karena setelah itu sugesti positif akan lebih mudah tertanam di alam bawah sadar. Asumsi yang mendasari hypnobirthing, bahwa persalinan itu adalah keadaan fisiologis (keadaan normal sehat ) bukan patologis (keadaan sakit) yang dialami oleh wanita (Mongan, 2007).

Metode hypnobirthing dikembangkan berdasarkan keyakinan bahwa dengan persiapan persalinan holistik/menyeluruh (body, mind, and spirit), klien dan pendamping dapat melalui pengalaman persalinan yang aman, nyaman, tenang, dan memuaskan, serta jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit. Dengan kata lain, jika pikiran dan tubuh mencapai kondisi harmoni, maka alam akan bisa berfungsi dengan cara yang sama seperti pada semua makhluk lainnya. (Aprillia, 2010).

Prinsip dari pelaksanaan hypnobirthing adalah bagaimana kita bisa fokus, rileks dalam suasana tenang, dan kita sadar sepenuhnya. Ada kekeliruan bahwa masuk ke hypnosis atau bawah sadar seolah oleh kita jadi tidak sadar, melamun dll. Itulah kesalahfahaman yang selama ini dipegang oleh masyarakat, karena banyak media yang meliput hypnosis dengan perspektif yang keliru (Santos, 2008).

Hypnobirthing bekerja berdasarkan kekuatan sugesti. Proses ini menggunakan afirmasi positif, sugesti, dan visualisasi untuk menenangkan tubuh, memandu pikiran, serta mengendalikan napas klien. Klien ibu hamil dapat melakukan proses ini sendiri (self hypnosis) atau dengan bantuan pendamping persalinan/bidan. Prosesnya bisa dilakukan dengan memberikan afirmasi verbal yang membantu klien memasuki kondisi tenang (calm state) dari hypnosis, melalui visualisasi, atau mengguanakan gerakan idiomotor untuk mencapai relaksasi. (Aprillia, 2010)

Teknik Hypnobirthing

Pada dasarnya tehnik hypnobirthing relatif sama dengan tehnik pada hypnosis, variasi akan muncul karena perbedaan akar permasalahan yang melatarbelakangi terjadinya masalah. Dalam proses hypnobirthing, klien dibawa pada sumber masalahnya yang membuat dirinya merasa sakit atau tidak nyaman, lalu diselaraskan dengan tujuan utamanya. Dengan mengetahui sumber masalahnya klien akan memahami masalah utamanya.

Untuk proses pelaksanaan hypnobirthing sendiri dapat dilakukan sesuai dengan modifikasi sehingga menciptakan kenyaman. Contoh penerapan hypnoterapi dalam Hypnobirthing yang dilakukan oleh Lanny (2008) adalah sebagai berikut :

Posisikan tubuh senyaman mungkin, apakah dengan duduk atau berbaring telentang atau miring. Jika berbaring sebaiknya dengan posisi menyamping ke kiri. Posisi ini dapat memperbaiki aliran darah ke rahim atau plasenta.
Kondisikan seluruh tubuh dalam keadaan rileks. Pejamkan mata dan mulai bernapas dalam-dalam melalui hidung secara perlahan dan teratur. Kendurkan otot-otot seluruh tubuh dan istirahatkan pikiran. Berkonsentrasilah pada niat untuk melakukan rileksasi & hypnobirthing.
Bayangkan dan niatkan proses persalinan yang menyenangkan dan membahagiakan. Proses bersalin yang lancar serta bayi mungil yang sehat dan lucu.
Setelah kondisi rileks, tanamkan sugesti dan niat positif ke alam bawah sadar. Misal, "Aku bisa melahirkan secara alami, lancar dan normal." Atau "Bayiku sehat," dan lain sebagainya. Untuk masuk ke dalam alam bawah sadar ada juga yang menggunakan idiomotorik yaitu gerak tangan secara alami dan otomatis. Cara ini bisa membuat waktu rileks jadi lebih panjang. Tapi, ada juga yang tidak menggunakan idiomotorik, hanya diam seperti orang meditasi.
Saat hendak selesai, biarkan otot-otot semakin rileks dengan menghirup napas panjang dan buang napas perlahan lewat hidung. Kembali ke kondisi normal dan siap melakukan kegiatan atau tidur.
Pada saat bersalin, tetaplah tenang, bernapaslah secara teratur, selaraskan energi dengan datangnya kontraksi sehingga tenaga tidak terbuang percuma.
Manfaat Hypnobirthing dalam ilmu kebidanan

1) Untuk Ibu

Sebagi formula dasar yang alami dari Pain Management. Pengobatan ini tidak memiliki potensi efek samping terhadap janin.
Mampu mengahadirkan rasa nyaman, rileks, dan aman menjelang kelahiran.
Mengajarkan level yang lebih tinggi dalam dari relaksasi untuk mengeliminasi stress ketakutan dan kekhawatiran menjelang kelahiran, yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri, dan sakit saat bersalin
Membentu ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi rahim.
Membentu ibu meningkatkan ketenangan diri saat proses persalinan. Emosi dan jiwa yang tenang memungkinkan ibu untuk tidak berteriak/menjerit saat menahan sakit akibat kontraksi, karena ia sudah siap secara mental.
Membuat ibu bersalin tetap dalam kondisi terjaga dan sadar.
Mempercepat kala I persalinan (±3 jam pada primipara (hamil pertama) dan 2 jam pada multipara), mengurangi risiko terjadinya komplikasi, dan mempercepat proses penyembuhan pascabersalin (Martin, A.A., et al., 2001).
Membuat ibu mampu menghemat energinya saat bersalin sehingga mencegah kelelahan selama proses berlangsung.
Tidak memerlukan pelatihan yang lama atau suatu ritual khusus untu dapat sukses mempraktikan hipnosis saat bersalin.
Meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh untuk mengurangi rasa nyeri saat kontraksi. Endorphin memiliki kekuatan 200 kali lipat dari morphin untuk menekan rasa sakit saat melahirkan.
Endorphin adalah neuropeptide yang dihasilkan tubuh di otak dan susunan syaraf tulang belakang pada saat rileks/ tenang.
Pada saat stres, endorphin terhalang oleh kortisol.
Menghilangkan rasa takut, tegang, dan panik saat bersalin.
Mengurangi risiko terjadinya komplikasi dalam persalinan, mengurangi risiko operasi, dan mempercepat pemulihan ibu pascabersalin (Mehl-Madrona, 2004).
Bermanfaat bagi semua wanita hamil, termasuk mereka yang mempunyai kehamilan berisiko tinggi dan persalinannya berlangsung tidak seperti yang diharapkan.
Membuat orangtua menjadi lebih rileks dan tenang saat membahas berbagai pilihan yang ada dan mengambil keputusan mengenai persalinan. Suasana hati yang tenang dan damai dapat membuat pemulihan ibu menjadi lebih mudah serta mengurangi komplikasi.
Mengajarkan para ibu untuk memahami dan melepaskan Fear-Tension-Pain Syndrome yang sering kali menjadi penyebab kesakitan dan ketidaknyamanan selama proses persalinan.
Membantu menjaga suplai oksigen (O2) kepada janin selama proses persalinan.
Membantu menjaga suplai oksigen (O2) kepada janin selama proses persalinan.
Meningkatkan ikatan batin antara calon ibu/ ayah dengan janin.
Mampu mengurangi risiko kehamilan dan peralinan, terutama persalinan prematur dan BBLR (Field, 2008).
Mampu mengurangi intervensi farmakologi selama proses kehamilan, persalinan, dan nifas (Allan M Cyna, 2006).
2) Untuk Janin

Bayi lahir dengan apgar score tinggi dan menurunkan resiko asfiksia.
Getaran tenang dan damai akan dirasakan janin sebagai dasar dari perkembangan jiwa (SQ).
Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin melalui plasenta (Aprillia, 2010).
3) Untuk Suami/pendamping persalinan

Menjadi lebih tenang dalam mendampingi proses persalinan.
Memperbaiki dan memperkuat hubungan dan ikatan batin antara istri, suami, serta janin yang dikandung.
Aura positif yang dimiliki suami/pendamping persalinan akan mempengaruhi aura ibu yang bersalin dan orang-orang disekitarnya (Aprillia, 2010).
4) Keuntungan bagi Bidan/Dokter

Dapat lebih fokus dan tenang dalam menghadapi ibu bersalin yang emosinya labil.
Dengan belajar ilmu hypno-birthing, bidan/dokter menjadi lebih tenang dalam membantu pertolongan proses persalinan.
Emosi bidan/dokter menjadi lebih stabil dalam kehidupan sehari-hari.
Aura positif da tenang yang dimiliki oleh bidan/dokter sangat mempengaruhi aura ibu bersalin dan orang-orang di sekitarnya.
Dapat menjadi program unggulan dari pelayanan BPS/RS/RB.
Bidan/dokter memiliki kompetensi yang baru.
Bidan/dokter dapat melakukan tindakan medis ringan/sedang kepada klien tanpa mengurangi rasa nyaman klien (Aprillia, 2010).


Bagiamana sudah adagambaran tentang apa itu Hypnobirthing? Anda ingin tau lebih banyak atau mencoba bersalin dengan metode hypnobirthing? atau Anda mutah berlebihan karena hamil muda dan ingin menjadi lebih nyaman? hub. Dika Hoistic Care 082134777390 dapatkan pelayanan konseling dan hypnobirthing via phone atau tatap muka langsung bagi yang berdomisili di Pati , Semarang dan sekitarnya.